Dubes Rusia Akui Hubungan AS-Korut Membaik

Hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara (Korut) kembali memanas. Sanksi yang kembali diarahkan AS kepada Korut membuat Negeri Kim Jong-un itu berang.

Rusia yang selama ini dikenal sebagai sekutu Korut, membuka suara terkait ancaman peningkatan ketegangan dari Korut. Duta besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva mengatakan bahwa pihak rusia tidak menginginkan hal-hal yang mengancam keamanan dunia terjadi.

“Berbagai usaha dilakukan untuk menghindari konflik di Venezuela, Korea Utara, Tiongkok, Korea Selatan” Kata Dubes Vorobieva, di Kediamannya, Selasa, 18 Desember 2018.

Dirinya juga menambahkan bahwa hubungan antara Korea Utara dengan Amerika Serikat sudah membaik. Dia percaya, membaiknya hubungan ini akibat dari diplomasi yang telah dilakukan oleh kedua belah pihak.

“Sejauh ini hubungan mereka telah membaik karena ada dialog antara Korea Utara dengan Amerika Serikat. Jadi semoga tidak ada konflik lagi,” tuturnya.

Dubes menambahkan bahwa Korut mendapatkan dukungan dari Rusia. Baginya, pihak Rusia tidak mau Korea Utara mengalami hal-hal buruk. Oleh karena itu, pihak Rusia akan memberikan sebuah fasilitas yang dianggap menjadi solusi yang menguntungkan kedua belah pihak.